Jakarta-Direktur Indonesia Watch for Democracy (IWD) Endang Tirtana menilai ada atau tidaknya pandemi COVID-19 Presiden Jokowi pemimpin terbaik saat ini bagi Indonesia.

“Membayangkan kepemimpinan Jokowi tanpa pandemi dan kepemimpinan Jokowi di kala pandemi, menurut saya sampai hari ini Jokowi yang terbaik bagi Indonesia,” kata Endang melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa (27/07/2021)

Jokowi, katanya, merupakan pemimpin yang memulai karir dari kepala daerah hingga akhirnya menjadi presiden. Oleh sebab itu, mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut dinilainya paham mengenai pengelolaan anggaran dan menetapkan skala prioritas pembangunan.

Sebelum pandemi Covid-19, ia menilai Jokowi berhasil menurunkan angka kemiskinan dari 11,3 persen menjadi 9,4 persen. Selain itu, tingkat pengangguran di Indonesia juga turun dari 5,7 persen menjadi lima persen.

“Sekarang kita tahu Jokowi dihadapkan dengan persoalan pandemi yang sebenarnya belum ada satu pun negara di dunia yang berhasil pulih,” ujarnya.

Baca Juga: Tagar #KitaPercayaJokowi Trending, Bukti Kerja Jokowi Tangani Pandemi Covid-19 Diapresiasi

Ia menyayangkan adanya upaya dari sekelompok orang yang mengkritik dengan tujuan membuat kepercayaan terhadap pemerintah menurun. Seharusnya, hal itu tidak dilakukan di masa pandemi.

“Harusnya seluruh elemen masyarakat bersatu dan gotong royong agar Indonesia segera pulih dan bebas dari pandemi,” ujarnya.

Menurut dia, pernyataan-pernyataan yang disampaikan oleh salah satu tokoh partai yang menyebutkan Indonesia dalam ancaman negara gagal, dan meminta MPR melakukan sidang terhadap Jokowi justru akan menyulut emosi publik dan mengganggu upaya penanganan Covid-19.

Selain itu, Endang menyatakan belum berakhirnya pandemi di Indonesia tidak boleh saling menyalahkan, apalagi melemparkan segala kesalahan ke Jokowi, akan menjadi tidak fair.

“Pandemi ini tidak hanya berdampak di Indonesia saja, seluruh negara di dunia juga tengah berupaya bangkit. Sehingga tidak tepat menyalahkan Jokowi sepenuhnya. Dan harus diingat, Jokowi terus melakukan pembangunan di daerah-daerah seluruh Indonesia. Namun saat ini harus fokus untuk penanganan Covid terlebih dahulu,” ungkapnya

Dia mengingatkan, pemerintah Jokowi tidak pernah lepas tangan selama pandemi ini berlangsung. Upaya bantuan sosial, baik berupa sembako maupun tunai, terus diupayakan agar masyarakat dapat terus bertahan. Upaya-upaya ini merupakan salah satu bentuk tanggung jawab pemerintah Jokowi terhadap rakyat.

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *